Thursday 12 December 2019

Allah Gerakan sistem Ekonomi

Sahabat, saya ingin mengajak sahabat Untuk merenungi bagaimana sistem ekonomi bekerja dan Allah SWT gerakan sistem itu secara mudah saja, hanya sekedar “kun faya kun”. 
1.    Anda pernah mengalami keluar rumah Bersama keluarga ingin cari makan di luar. Padahal ada makanan di rumah? percayalah, Allah tengah mengatur uang Anda menjadi rejeki untuk orang lain. Dalam ilmu ekonomi dikenal velocity of money  yang Allah putar dari tangan satu ke tangan lain. Kecepatan perputaran uang tergantung sungguh dari ikhtiar manusia dan doa-doa terbaik mereka.
2.    Anda pernah bercita-cita jadi tantara, dokter, dosen atau profesi lain. Ternyata anda jadi pedagang, jadi pengusaha atau apapun yang tidak sesuai keinginan anda. Allah telah mengatur porsi keseimbangan tenaga kerja dan profesionalime di dalamnya. 
3.    Anda pernah mutar-mutar naik mobil cari makanan, warung yang dekat dibaikan, warung agak jauh dan jauh tidak juga beli, terus mutar sampai akhirnya warung yang dekat rumah tadi menjadi tujuan anda? Di situlah mekanisme ekonomi Allah SWT gerakan, bahwa porsi pemasukan warung yang dekat tidak akan ditukar. 
4.    Anda pernah merasakan tiada angin tiada hujan diundang orang untuk makan siang? Allah tengah menahan uang anda untuk tidak kaluar dompet siang itu, atau harus keluar namun untuk orang lain. 
5.    Anda pernah merasakan kehilangan barang berharga anda? Laptop misalnya? Allah tengah mengganti laptop anda dengan yang baru dan memberi pemasukan ekonomi bagi penjual laptop.
6.    Anda pernah mengalami rusak hand phone? Allah sedang memberi rejeki pada tukang service handphone, alat spare part, ojek yang anda tumpangi, atau tukang bensin mobil anda, warung minuman karena anda haus di tengah jalan, anak anda merengek minta naik odong-odong, ada yang jual kacang dan pisang rebus di jalan, tambal ban karena tiba-tiba ban motor pecah dan seterusnya.

Sahabat, tentu tidak cukup kertas untuk menjelaskan betapa Allah mengatur mekanisme ekonomi secara sempurna. Allah pasti memberi porsi yang stabil, Walau demikian tinggi rendah porsi itu tergantung ihtiar masing-masing hamba.    

No comments:

Post a Comment

EKSPOS RENCANA PENYUSUNAN MASTER PLAN EKONOMI GARAM NTB

EKSPOS RENCANA PENYUSUNAN MASTER PLAN EKONOMI GARAM NTB DR. M FIRMANSYAH (DOSEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS) MENUNJU INDUSTRIALIS...