ISU-ISU STRATEGIS RISET PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KOTA
OLEH:
DR. M FIRMANSYAH (TIM PENJAMIN MUTU, BALITBANG KOTA MATARAM)
BEBERAPA ISU PENTING EKONOMI
´ KEMISKINAN PERKOTAAN: MASIH SAJA EKSIS
´ KEWIRAUSAHAAN: TENAGA KERJA DAN PENGANGGURANà BELUM OPTIMAL TERSELESAIKAN
´ PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH: POTENSI BANYAK NAMUN PAD TUMBUH TIDAK PROPORSIONAL
´ TATA KELOLA LINGKUNGAN PERKOTAAN: KELUHAN MASIH BELUM MAKSIMAL WASTE MANAGEMENT.
´ TRANSPORTASI: MASALAH ANCAMAN KEMACETAN
´ PERDAGANGAN BARANG DAN JASA: RITEL MODERN VS RITEL LOKAL
´ PARIWISATA: PERLU DITEMUKAN POLA PENGEMBANGAN YANG MAKSIMAL BAGI EKONOMI PERKOTAAN.
KEMISKINAN PERKOTAAN
´ KURANG LAPANGAN PEKERJAANà LAHAN PERTANIAN KOTA MENYEMPIT
´ AKIBAT URBANISASI
´ STABILITAS HARGA: INFLASI PENYEBAB RENDAHNYA DAYA BELI
´ PENDIDIKAN RENDAHà RUANG BEKERJA MENJADI SEMPIT DAN DAYA INOVASI JUGA TERBATAS.
KEWIRAUSAHAAN
´ KULTUR BERWIRAUSAHA YANG RENDAH: RUANG PEKERJAAN AKHIRNYA DIISI MASYARAKAT LUAR.
´ RUANG-RUANG PEKERJAAN YANG BELUM TERINDENTIFIKASI SEPENUHNYA, SESUAI LEVEL KAPASITAS DALAM MASYARAKAT.
´ PERLU PENDAMPINGAN BISNIS TIDAK SEKEDAR PELATIHAN BISNIS.
PENINGKATAN PAD (PENDAPATAN ASLI DAERAH)
´ OPTIMALISASI PAJAK DAN RETRIBUSI
´ PARKIR, PASAR, RUMAH MAKAN DAN LAIN-LAIN.
´ KELEMBAGAAN BUMD: ANALISA SECARA S-C-P (STRUKTUR, CONDUCT DAN PERFORMANS)
´ INTENSIFIKASI PAD DAN EKSTENSIFIKASI PAD.
TATA KELOLA LINGKUNGAN
´ MASALAH PERSAMPAHAN DAN KEBERSIHAN
´ VALUASI SUMBER DAYA: ANALISA WILLINGNESS TO PAY DAN WILLINGNESS TO ACEPT SEBAGAI GAMBARAN NILAI LINGKUNGAN.
´ MASALAH-MASALAH POLUSI
´ MASALAH KEINDAHAN: TERSEDIANYA HUTAN KOTA DAN LAIN-LAIN
TRANSPORTASI
´ KEHADIRAN GOJEK DAN SEJENISNYA MEMBERI DAMPAK TERHADAP EKONOMI DRIVER DAN JASA PERDAGANGAN (MAKANAN).
´ KEMACETAN PADA WAKTU-WAKTU TERTENTU.
´ MAS TRANSPORT YANG BELUM TERSEDIA MAKSIMAL.
PERDAGANGAN BARANG DAN JASA
´ MEMPERKUAT DAYA SAING PASAR TRADISIONALà MENYIAPKAN KELEMBAGAAN ASOSIASI.
´ MENGKREASI PASAR-PASAR BARU NON PARMANEN:SEPERTI MODEL CAR FREE DAY.
´ MEMBANGUN KETERKAITAN (JARINGAN) ANTARA SEKTOR PRODUKSI LOKAL DENGAN SEKTOR PERDAGANGAN LOKAL.
´ MEMBANGUN SISTEM CLUSTER PERDAGANGAN.
´ PEMBANGUNAN SEKTOR PARIWISATA
PARIWISATA BUDAYA DAN RELIGI (KOTA TUA, MESJID DAN PESANTREN)
´ WISATA KULINER: KAWASAN KULINER (SAYANG-SAYANG, PANTAI GADING DAN LAIN-LAIN)
´ WISATA PANTAI TERINTEGRASI: SISTEM INDUSTRIAL TOURISM CLUSTER.
BEBERAPA RUANG RISET OPD
´ IDENTIFIKASI SEMUA JENIS PEKERJAAN DAN DIFERENSIASI-NYA DI KOTA MATARAM.
´ MENEMUKAN KONSEP (KELEMBAGAAN) YANG TEPAT DALAM TATA KELOLA KAWASAN EKONOMI.
´ MODEL MEMPERKUAT IMAGE KAWASAN SESUAI KARETERISTIK EKONOMI (MISALNYAàSWETA: PERDAGANGAN ALAT BERAT, CAKRANEGARA PAKAIAN DAN GROSIR, AMPENAN KULINER)
´ MODEL POLA KELEMBAGAAN (THE ROLE OF THE GAME) USAHA DAGANG DAN SEKTOR PRODUKSI (UMKM): USAHA DAGANG LOKAL MENJUAL PRODUKSI LOKAL.
´ JENIS-JENIS KEMISKINAN DI KOTA MATARAM SERTA PENYEBAB PALING UTAMA. MENEMUKAN MODEL PEMBERDAYAAN YANG TEPAT UNTUK KELUAR DARI KEMISKINAN.
´ EFEKTIFITAS RITEL MODERN DAN PELUANG TERHADAP MODERENISASI RITEL-RITEL LOKAL.
´ MODEL DAN DESAIN PEMBANGUNAN EKONOMI BERBASIS KLUSTER PERDAGANGAN. AKIBAT ECONOMIES OF SCALE, KOMPARiSoN COST DAN LAIN-LAIN.
´ MENEMUKAN TATA KELOLA PEMBERDAYAAN TERHADAP EKONOMI PESISIR.
´ MENEMUKAN KELEMBAGAAN (THE ROLE OF THE GAME) YANG TEPAT KAWASAN PERDAGANGAN PUBLIK SEPERTI CAR FREE DAY UDAYANA UNTUK TIDAK MENJUAL PRODUK PABRIKAN.
´ MODEL PENGEMBANGAN KOPERASI SYARIAH BERBASIS MESJID.
´ MENEMUKAN MODEL PELATIHAN YANG TEPAT PELAKU USAHA KECIL DALAM MELAKUKAN STANDARISASI DAN ADAPTASI PRODUK YANG SESUAI KEINGINAN PASAR.
No comments:
Post a Comment