DR. M FIRMANSYAH
STAF PENGAJAR MEGISTER ILMU EKONOMI (MIE)
PENDAHULUAN
- PERDA KREATIF SEJALAN DENGAN VISI EKSEKUTIF (GUBERNUR)--PROGRAM INDUSTRIALISASI.
- SEJALAN DENGAN POTENSI EKONOMI NTB--CORE TOURISM
- SEJALAN DENGAN LINGKUNGAN EKSTERNAL--ERA INDUSTRI 4.0
- KOMPETISI DUNIA BEGITU KETAT, INSTITUTIONAL CHANGE (PERUBAHAN KELEMBAGAAN) BEGITU DINAMIS.
- NTB SEDANG GIAT MENCANANGKAN PEMBANGUNAN INDUSTRIALISASi
- NTB PUNYA STIP (SCIENSE TECHNO INDUSTRIAL PARK)--MURNI KREATIFITAS MELAHIRKAN INOVASI.
- KAWASAN MANDALIKA SEBAGAI INDUSTRIAL TOURISM CLUSTER--DIBUTUHKAN INDUSTRI PARIWISATA KREATIF
- KAWASAN SAMOTA DAN BANYAK TELUK DI NTBà KREATIFITAS EKONOMI DALAM 3 ASPEK: SHIPING, FISHING DAN TOURISM
- SAMOTA MENJADI GEOPARK DUNIA--KREATIFITAS DALAM RISET DAN PENGEMBANGAN.
- ADA RINJANI, DAN SETERUSNYA.
- PEMBANGUNAN DESA --DESA MANDIRI SELALU DILANDASKAN KREATIFITAS KEPALA DESA DAN MASYARAKATNYA
INDUSTRIALISASI SELALU BERAWAL DARI PROSES INOVASI--INOVASI LAHIR DARI PROSES KREATIFITAS DAN BENTUAKAN EKOSISTEM INOVASI.
TUJUAN DARI REGULASI EKONOMI KREATIF:
- MENSUKSESKAN INDUSTRIALISASIÀTUJUAN UMUM
- MENGIDENTIFIKASI, MEMFASILITASI TUMBUHNYA INOVASI DAN KREATIFITAS.
- MENINGKATKAN TARAF HIDUP EKONOMI MASYARAKAT.
- MENINGKATKAN EKSPOR PRODUK DAERAH
- STUDI FAHMI, KOSTER DAN DIJK (2016): PERLU DI PISAH EKONOM KREATIF PERSPEKTIF INOVASI INDUSTRI DAN INDUSTRI BERBASIS KULTURALÀ DALAM RANGKA TETAP MEMPERTAHANKAN KEASLIAN NILAI (KULTURAL).
- EMIKO KAKIUCHI DANKIYOSHI TAKEUCHI (2014). INDUSTRY KREATIF MEMILIKI PERAN UTAMA DALAM EKONOMI JEPANG. BAHKAN DIEXPAND, KOTA-KOTA TERMASUK KANAZAWA, NAGOYA, DAN KOBE SECARA EKSPLISIT MENGADOPSI STRATEGI KOTA KREATIF.
TEMUAN PERAN EKONOMI KREATIF BERDASAR KAJIAN ILMIAH:
- FIGHTING UNEMPLOYMENT
- PART IN GDP, VALUE ADDED
- FOREIGN TRADE (EXPORT)
- SOCIAL INCLUSION
- SOCIAL AND CULTURAL DEVELOPMENT
- INCREASING QUALITY OF LIFE
- FIGHTING YOUTH UNEMPLOYMENT
- OTHER INDICATORS OF SOCIO.
ISTILAH EKONOMIKREATIF
"PADA TAHUN 2001, JOHN HOWKINS, SEORANG KONSULTAN YANG AKRAB DENGAN INDUSTRI MEDIA DAN HIBURAN, MENGGUNAKAN ISTILAH "EKONOMI KREATIF" UNTUK MENGHUBUNGKAN IDE-IDE KREATIVITAS BUDAYA DAN INOVASI EKONOMI (HOWKINS, 2001)"
PENENTU KESUKSESAN EKONOMI KREATIF (Fahmi Et Al, 2016)
- MODAL MANUSIA--UNTUK MEMULAI BISNIS KREATIF, ORANG-ORANG KREATIF DIPERLUKAN. ORANG-ORANG SEPERTI ITU UMUMNYA BERJIWA MUDA DAN MUDAH BERADAPTASI DENGAN PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI BARU.
- IKLIM EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN--sTRUKTUR PEKERJAAN DAN KONDISI EKONOMI DAPAT MENENTUKAN LOKASI INDUSTRI KREATIF. IKLIM DAN BUDAYA WIRAUSAHA YANG BAIK AKAN MENDORONG ORANG UNTUK MENCARI PELUANG BARU DAN MEMULAI BISNIS BARU.
PENTINGNYA EKONOMI KREATIF-->
- PASAR POTENSIAL --INDUSTRI KREATIF DIKAITKAN DENGAN KOTA-KOTA PASCA-INDUSTRI, DI MANA INDUSTRI JASA SEMAKIN MENDOMINASI EKONOMI.
- EKONOMI URBANISASI--INDUSTRI KREATIF TELAH MENDAPATKAN KEUNTUNGAN DARI EKONOMI URBANISASI YANG MENDUKUNG INOVASI DAN FLEKSIBILITAS DENGAN MEMFASILITASI ALIRAN INFORMASI DAN JARINGAN INTERAKSI. KOTA-KOTA BESAR KHUSUSNYA ADALAH RUMAH BAGI KERAGAMAN YANG LUAS YANG MENDORONG PEMUPUKAN GAGASAN.
- FAKTOR KELEMBAGAAN--TATA ATURAN, TATA NILAI, ORGANISASI MENJADI PENDORONG TUMBUHNYA INDUSTRI KREATIF.
SEKIAN DAN TERIMAKASIH
No comments:
Post a Comment