Friday 20 December 2019

RENCANA EKONOMI KREATIF NTB: POINT-POINT SAJA

DR. M FIRMANSYAH
STAF PENGAJAR MEGISTER ILMU EKONOMI (MIE)

 PENDAHULUAN
  • PERDA KREATIF SEJALAN DENGAN VISI EKSEKUTIF (GUBERNUR)--PROGRAM INDUSTRIALISASI.
  • SEJALAN DENGAN POTENSI EKONOMI NTB--CORE TOURISM
  • SEJALAN DENGAN LINGKUNGAN EKSTERNAL--ERA INDUSTRI 4.0
DASAR PIKIR (ASPEK EMPIRIS-SOSIOLOGIS) di NTB
  • KOMPETISI DUNIA BEGITU KETAT, INSTITUTIONAL CHANGE (PERUBAHAN KELEMBAGAAN) BEGITU DINAMIS.
  • NTB SEDANG GIAT MENCANANGKAN PEMBANGUNAN INDUSTRIALISASi
  • NTB PUNYA STIP (SCIENSE TECHNO INDUSTRIAL PARK)--MURNI KREATIFITAS MELAHIRKAN INOVASI.
  • KAWASAN MANDALIKA SEBAGAI INDUSTRIAL TOURISM CLUSTER--DIBUTUHKAN INDUSTRI PARIWISATA KREATIF
  • KAWASAN SAMOTA DAN BANYAK TELUK DI NTBà KREATIFITAS EKONOMI DALAM 3 ASPEK: SHIPING, FISHING DAN TOURISM
  • SAMOTA MENJADI GEOPARK DUNIA--KREATIFITAS DALAM RISET DAN PENGEMBANGAN.
  • ADA RINJANI, DAN SETERUSNYA.
  • PEMBANGUNAN DESA --DESA MANDIRI SELALU DILANDASKAN KREATIFITAS KEPALA DESA DAN MASYARAKATNYA

INDUSTRIALISASI SELALU BERAWAL DARI PROSES INOVASI--INOVASI LAHIR DARI PROSES KREATIFITAS DAN BENTUAKAN EKOSISTEM INOVASI.

TUJUAN DARI REGULASI EKONOMI KREATIF:
  1. MENSUKSESKAN INDUSTRIALISASIÀTUJUAN UMUM
  2. MENGIDENTIFIKASI, MEMFASILITASI TUMBUHNYA INOVASI DAN KREATIFITAS.
  3. MENINGKATKAN TARAF HIDUP EKONOMI MASYARAKAT.
  4. MENINGKATKAN EKSPOR PRODUK DAERAH
BEBERAPA KAJIAN
  • STUDI FAHMI, KOSTER DAN DIJK (2016): PERLU DI PISAH EKONOM KREATIF PERSPEKTIF INOVASI INDUSTRI DAN INDUSTRI BERBASIS KULTURALÀ DALAM RANGKA TETAP MEMPERTAHANKAN KEASLIAN NILAI (KULTURAL).
  • EMIKO KAKIUCHI DANKIYOSHI TAKEUCHI (2014). INDUSTRY KREATIF MEMILIKI PERAN UTAMA DALAM EKONOMI JEPANG. BAHKAN DIEXPAND, KOTA-KOTA TERMASUK KANAZAWA, NAGOYA, DAN KOBE SECARA EKSPLISIT MENGADOPSI STRATEGI KOTA KREATIF.


TEMUAN PERAN EKONOMI KREATIF BERDASAR KAJIAN ILMIAH:
  • FIGHTING UNEMPLOYMENT
  • PART IN GDP, VALUE ADDED
  • FOREIGN TRADE (EXPORT)
  • SOCIAL INCLUSION
  • SOCIAL AND CULTURAL DEVELOPMENT
  • INCREASING QUALITY OF LIFE
  • FIGHTING YOUTH UNEMPLOYMENT 
  • OTHER INDICATORS OF SOCIO.

ISTILAH EKONOMIKREATIF
"PADA TAHUN 2001, JOHN HOWKINS, SEORANG KONSULTAN YANG AKRAB DENGAN INDUSTRI MEDIA DAN HIBURAN, MENGGUNAKAN ISTILAH "EKONOMI KREATIF" UNTUK MENGHUBUNGKAN IDE-IDE KREATIVITAS BUDAYA DAN INOVASI EKONOMI (HOWKINS, 2001)"

PENENTU KESUKSESAN EKONOMI KREATIF (Fahmi Et Al, 2016)
  • MODAL MANUSIA--UNTUK MEMULAI BISNIS KREATIF, ORANG-ORANG KREATIF DIPERLUKAN. ORANG-ORANG SEPERTI ITU UMUMNYA BERJIWA MUDA DAN MUDAH BERADAPTASI DENGAN PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI BARU.
  • IKLIM EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN--sTRUKTUR PEKERJAAN DAN KONDISI EKONOMI DAPAT MENENTUKAN LOKASI INDUSTRI KREATIFIKLIM DAN BUDAYA WIRAUSAHA YANG BAIK AKAN MENDORONG ORANG UNTUK MENCARI PELUANG BARU DAN MEMULAI BISNIS BARU.

PENTINGNYA EKONOMI KREATIF-->
  1. PASAR POTENSIAL --INDUSTRI KREATIF DIKAITKAN DENGAN KOTA-KOTA PASCA-INDUSTRI, DI MANA INDUSTRI JASA SEMAKIN MENDOMINASI EKONOMI.
  2. EKONOMI URBANISASI--INDUSTRI KREATIF TELAH MENDAPATKAN KEUNTUNGAN DARI EKONOMI URBANISASI YANG MENDUKUNG INOVASI DAN FLEKSIBILITAS DENGAN MEMFASILITASI ALIRAN INFORMASI DAN JARINGAN INTERAKSI. KOTA-KOTA BESAR KHUSUSNYA ADALAH RUMAH BAGI KERAGAMAN YANG LUAS YANG MENDORONG PEMUPUKAN GAGASAN.
  3. FAKTOR KELEMBAGAAN--TATA ATURAN, TATA NILAIORGANISASI MENJADI PENDORONG TUMBUHNYA INDUSTRI KREATIF.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH

No comments:

Post a Comment

EKSPOS RENCANA PENYUSUNAN MASTER PLAN EKONOMI GARAM NTB

EKSPOS RENCANA PENYUSUNAN MASTER PLAN EKONOMI GARAM NTB DR. M FIRMANSYAH (DOSEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS) MENUNJU INDUSTRIALIS...